domino online

Nasdem Beri Syarat PAN-Demokrat Jika Gabung Koalisi Jokowi

Nasdem Beri Syarat PAN-Demokrat Jika Gabung Koalisi Jokowi

Nasdem Beri Syarat PAN-Demokrat Jika Gabung Koalisi Jokowi

 

Nasdem Beri Syarat PAN-Demokrat Jika Gabung Koalisi Jokowi- Partai NasDem akan memberikan pertimbangan yang rasional kepada Joko Widodo (Jokowi) apabila Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) ingin bergabung koalisi partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Agen Poker

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan sikap partainya apabila Demokrat dan PAN ingin bergabung ke dalam koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf akan tergantung pada hal yang diberikan oleh kedua partai politik tersebut.

“Kalau itu [sikap NasDem] rahasia internal kami dengan Presiden nanti. Kami akan menjawab itu dengan pertimbangan-pertimbangan yang rasional. Tergantung, apa yang diberikan [Demokrat dan PAN],” kata Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (13/5).

Dia menerangkan pihaknya berharap partai politik manapun yang nantinya bergabung dengan koalisi Jokowi-Ma’ruf dapat membangun koordinasi yang baik .

Selain itu, dia juga meminta partai politik terkait harus bisa menghormati sikap Jokowi-Ma’ruf dalam memilih orang-orang yang akan menduduki kursi menteri dan tidak memaksakan program kerja.

“Kalau di kabinet itu keputusan presiden, harus kita hormati. Jangan memaksa presiden, jangan memaksa program-programnya ke presiden karena programnya sudah jelas,” kata Johnny.

Isu merapatnya Demokrat dan PAN ke koalisi Jokowi muncul setelah Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berbincang dengan Jokowi beberapa waktu lalu di Istana Negara dalam kesempatan terpisah.

Demokrat sendiri melakukan sederet manuver setelah pertemuan AHY dengan Jokowi yang membuat hubungannya di Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjadi sorotan.

Manuver itu antara lain dilakukan oleh Wasekjen Demokrat Andi Arief dengan mencuitkan soal ‘setan gundul’ hingga perdebatan soal asal-muasal klaim ‘Prabowo menang 62 persen’. Hingga saat ini, Demokrat masih mempertanyakan klaim itu.
Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan sempat berbicara soal reposisi partai seusai perbincangan Zulkifli dengan Jokowi. Namun hal itu dibantah Sekjen PAN Eddy Soeparno dengan mengatakan partai berlambang matahari putih itu setia di koalisi Prabowo-Sandi. (mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *